PANEN RAYA DISAMBUT GEMBIRA WARGA KAMPUNG SUMBER AGUNG

Sumber Agung, Kec. Rawa Pitu, Kab. Tulang Bawang (01/10/2017). Panen padi gadu telah tiba. Musim tanam gadu adalah musim tanam yang biasa dilakukan warga pada waktu musim kemarau yaitu sekitar bulan Juni sampai November. Pada musim tanam ini biasanya warga mengalami kendala pada perolehan air. Namun seiring berkembangnya teknologi kini warga tidak lagi dikhawatirkan dengan masalah air ini karena telah ada Alal Mesin Pertanian (ALSINTAL) berupa mesin cor atau penyedot air, namun hal ini harus diimbangi dengan ketersediaan air yang mengaliri kanal-kanal. Untuk musim gadu kali ini masalah air dapat diatasi karena ketersediaan air memadahi dan warga semakin cerdas dalam menangani masalah air ini.
Panen musim gadu kali ini terbilang sukses khususnya di kampung Sumber Agung. Hasil panen melimpah dan tidak ada perbedaan yang signifikan dengan panen musim rendeng (musim penghujan) dilihat dari hasil panen dan kualitas padi. Oleh karena itu warga sangat antusias menyambut panen musim ini.
Dalam hal memanen padi, kini warga sudah tidak dipusingkan lagi dengan masalah proses pemanenan karena tersedianya alat pemanen yaitu Combayen yang cukup memadahi. Ada sekitar 25 unit Combayen yang siap membabat hamoparan padi di kampung sumber agung. Semua alat yang beroperasi telah berkoordinasi dengan kepemerintahan dan dengan sesama pemegang alat, jadi tidak ada masalah dalam proses pemanenan ini.
Warga juga dapat tersenyum lebar dengan harga padi yang semakin hari semakin stabil bahkan cenderung naik. Dengan begitu warga dapat mendapat keuntungan yang memuaskan sebanding dengan biaya tanam yang kian mahal.
Dalam hal ini kepala kampung Sumber Agung Bapak Subari berpesan kepada warga agar selalu meningkatkan kualitas pertanian di kampung Sumber Agung agar terciptanya kesejahteraan pangan kampung dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Sumber Agung.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan