FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) ASSESSMENT PENDAMPINGAN PENYELENGGARAAN DESA BROADBAND TERPADU DI KAMPUNG SUMBER AGUNG


Foto bersama masyarakat dengan Assessor


Pak Apip (assessor) sedang melakukan dialog dengan warga


Kampung Sumber Agung masuk dalam kategori desa berkelanjutan


foto Assessor bersama calon Penyuluh (Ibu Nur Qolipah)

Sumber Agung, Kecamatan Rawa Pitu Kabupaten Tulang Bawang ( 06/10/2017). FGD kegiatan Assessment pendampingan penyelenggaraan desa Broadband terpadu adalah kegiatan yang dilakukan sebagai lanjutan dari program pemerintah tentang desa dan kawasan oleh BP2DK ( Badan Prakarsa Pemberdaya Desa dan Kawasan). Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan desa-desa yang berada jauh dari ibu kota / daerah pinggiran yang memiliki potensi bisa berkembang dan menjadi desa yang modern. Kegiatan ini dilakukan dengan cara memfasilitasi desa untuk mengeksplor segala potensi yang dimiliki oleh desa sehingga masyarakat Indonesai secara umum dapat melihat potensi yang dimiliki, cara yang dilakukan adalah dengan memberi fasilitas internet di setiap kampung yang dianggap memiliki potensi lebih. Layanan internet gratis ini disebut dengan WiFi Nusantara yang dipasang di setiapkampung prioritas. Dan tentunya program ini adalah rangkaian dari program Presiden Joko Widodo tentang Nawa Cita yaitu membangun desa dari pinggir.
Kampung Sumber Agung merupakan salah satu kampung prioritas yang mendapat program ini, karena Kampung Sumber Agung termasuk dalam lingkup kecamatan Rawa Pitu. Kecamatan Rawa Pitu yang terdiri dari sembilan kampung merupakan kawasan prioritas untuk program BP2DK. Dan di Tulang Bawang saat ini ada dua kecamatan yang mendapat Program ini yaitu Kecamatan Rawa Pitu dan Penawar Aji.
Pada hari Kamis (05/10/2017) untuk dua kecamatan (Rawa Pitu da Penawar Aji) dilakukam assessment termasuk Kampung Sumber Agung. Untuk kampung Sumber Agung assessor yang memfasilitasi kegiatan adalah Bapak Apip yaitu assessor utusan BP2DK. Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan dialog dengan masyarakat dari masing-masing lapisan yang nantinya akan memberi informasi tentang desa tersebut. Acara tersebut berjalan dengan lancar dan warga sangat antusias. Dari kegiatan tersebut diperoleh sebuah kesimpulan bahwa Kampung Sumber Agung masuk dalam kategori desa berkelanjutan.
Diharapkan dengan kegiatan ini Rawa Pitu semakin maju khususnya Kampung Sumber Agung. Ucapan terima kasih disampaikan oleh Kepala Kampung kepada Bapak Apip (Asssessor) mewakili masyarakat Sumber Agung merupakan akhir dari kegiatan Assessment ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan